Dorong Efektivitas Penegakan Perda dan Perkada, Satpol PP Babel Lakukan Strategi Ini

Pangkalpinang - Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus mendorong efektivitas penegakan Peraturan Daerah dan Peraturan Kepala Daerah. Berbagai pembinaan dan sosialisasi dilakukan.

Salah satu langkah nyata yang dilakukan Satpol PP Babel adalah Sosialisasi Peraturan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Nomor 17 Tahun 2016 Tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat atau biasa disebut Perda Tibumtranmas. Acara ini dihadiri oleh tokoh-tokoh masyarakat dan para pejabat fungsional Satpol PP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kabid Penegakan Perda dan Perkada, Suryanto, seizin Kasat Pol PP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yamowa Harefa mengatakan pola kerjasama yang sinergis tak hanya dibangun antara Satpol PP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan Satpol PP kabupaten/kota. Sinergitas ini juga harus dibangun dengan masyarakat.

"Hal ini dilakukan agar capaian keberhasilan penegakan Perda dan Perkada optimal," kata Suryanto dalam Sosialisasi Perda Tibumtranmas di Aula BKPSDM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis, (21/03/2019).

Segala kebijakan Pemerintah Daerah terkait perihal tibumtranmas disosialisasikan. Pembinaan dilakukan dengan mengutamakan pendekatan-pendekatan persuasif. Masyarakat diharapkan selalu responsif terhadap masalah dan keadaan.

"Masyarakat pun jangan mudah terprovokasi untuk hal-hal yang bersifat negatif," tambah Suryanto.

Terhadap para pejabat fungsional Satpol PP, Suryanto berpesan agar terus meningkatkan kinerja. Profesionalitas sebagai aparatur Pemerintah Daerah sangat diperlukan untuk menumbuhkembangkan kepercayaan masyarakat.

"Buktikan bahwa Satpol PP melaksanakan tugas secara profesional dan sesuai dengan peraturan yang berlaku," tegas Suryanto.

Bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah Kepala Biro Hukum Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan pejabat bidang Penegakan Perda dan Perkada Satpol PP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sumber: 
Humas Satpol PP Babel
Penulis: 
Rusmini
Bidang Informasi: 
SATPOLPP
Tags: 
#satpolpp #polppbabel #perda #perkada #tibumtranmas #perdatibum