Satlinmas Harus Tingkatkan Kompetensi dan Kualitas Diri

Tanjung Pandan - Satlinmas harus tingkatkan kompetensi dan kualitas diri. Demikian dikatakan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kepulauan Belitung Yamowa Harefa melalui Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat Yurinalika saat membuka acara Pendidikan dan Pelatihan Bencana dan Kebakaran bagi Satlinmas di Hotel Maxone, Belitung, Selasa (23/04/2019).

"Tingkatkan kompetensi, kualitas diri atau pengetahuan dengan banyak membaca dan menguasai peraturan hukum yang berkaitan dengan satlinmas dan peraturan hukum lainnya seperti KUHAP dan KUHP," kata Yurinalika.

Selain itu, setiap anggota satlinmas harus senantiasa berpandangan ke depan atau visioner dan positif thinking. Komunikasi, koordinasi, kerjasama, persatuan dan kesatuan dengan semua pihak dalam pelaksanaan tugas di lapangan harus dibangun. Hal ini bertujuan agar pelaksanaan tugas mencapai hasil yang optimal.

Sebanyak seratus anggota satlinmas hadir dalam kegiatan ini. Mereka berasal dari kabupaten Belitung dan Belitung Timur.

Adapun materi yang akan diberikan antara lain teori dan praktik pertolongan pada korban bencana/kebakaran oleh Basarnas Belitung, praktik pemadaman api oleh Damkar Belitung, pencegahan kebakaran hutan dan lahan secara hukum oleh Polres Belitung. Ada juga pembekalan kepada satlinmas yang akan disampaikan oleh BMKG Belitung, Kemendagri RI dan Satpol PP Kabupaten Belitung.

Dengan adanya pendidikan dan pelatihan ini diharapkan dapat memaksimalkan kinerja satlinmas. Satlinmas dituntut bekerja secara profesional untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat luas.

"Buktikan bahwa aparat satlinmas mampu melaksanakan tugas berdasarkan peraturan hukum yang berlaku." tegas Yurinalika.

Sumber: 
Humas Satpol PP
Penulis: 
Rusmini
Bidang Informasi: 
SATPOLPP
Tags: 
#satlinmas #linmas #satpolpp #polppbabel #tibumtranmas