Satpol PP SEJARI

Satpol PP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membuat terobosan baru. SEJARI. Serumpun Menjaga Negeri.

 

Disimbolkan dengan "jempol" yang mengandung arti "baik/bagus/sopan", program yang dicanangkan oleh Harrie Patriadie, Kepala Satpol PP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini merupakan wujud sinergitas kerjasama satpol pp antar daerah yang selama ini belum terlaksana secara penuh. Demikian juga dengan fungsi Linmas dan Damkar yang sekarang sudah menjadi satu kesatuan dengan Satpol PP menjaga ketentraman dan ketertiban umum.

 

Output program ini ditunjukkan dengan adanya nota kerjasama antar daerah khususnya para Kepala Satpol PP se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Juga nanti akan dibuat MoU antara gubernur dan bupati untuk meminimalisir masalah kewilayahan dalam pelaksanaan tugas di lapangan.
 

Kerjasama yang dibina meliputi kerjasama wilayah,  peralatan,  hingga informasi.  Jadi,  apabila terjadi bencana banjir misalnya di Pangkalpinang,  maka kejadian tersebut tidak hanya menjadi tanggung jawab Satpol PP dan Linmas Kota Pangkalpinang,  bisa saja wilayah Bangka Barat datang untuk membantu. Apabila ada musibah kebakaran yang terjadi di perbatasan Pangkalpinang dan Bangka Tengah,  maka Damkar manapun yang  terdekat dari lokasi bisa langsung datang menyelamatkan. Juga bila ada laporan masalah keamanan lingkungan,  masyarakat bisa menghubungi Satpol PP terdekat, tidak perlu lagi birokrasi berkepanjangan untuk mendapatkan bantuan pengamanan.
 

Tidak ada lagi batas yang menghalangi kinerja. Satpol PP se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung harus merasa satu untuk menjaga keamanan,  ketentraman, dan ketertiban umum. Setiap daerah memang memiliki otonomi daerah masing-masing, tetapi semua satu komando,  tidak mengenal batasan wilayah. Provinsi sebagai pembinanya mengutamakan azas kesetaraan. Sedangkan untuk penganggaran tetap dikembalikan ke daerah masing-masing.
 

Sama halnya dengan penegakan peraturan disiplin Pegawai Negeri Sipil yang tercantum dalam Perda. Satpol PP se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat melakukan fungsinya tanpa menghiraukan masalah kewilayahan.  Semua PNS yang "bandel"  akan ditindak tegas tanpa memandang badge Pemerintah yang disandangnya. Mereka akan didata kemudian diserahkan ke wilayah tempat ia bekerja untuk mendapatkan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku.
 

Adanya program ini diharapkan menjadi wadah untuk menyatukan dan memadukan Satpol PP se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, jauh dari sifat egoisme, yang nantinya akan berdampak pada kondisi lingkungan masyarakat dan pemerintahan yang kondusif. (rus/jfph)

Sumber: 
Satpol PP Prov. Kep. Bangka Belitung
Penulis: 
jfph/rus
Bidang Informasi: 
SATPOLPP
Tags: 
#SEJARI #POLPPBABEL

Berita

08/09/2017 | Satpol PP Prov. Kep. Ba...
13/09/2016 | Humas Satpol PP
22/08/2016 | Diskominfo Babel
07/04/2016 | Dinas Kominfo
07/05/2015 | Dinas Kominfo
07/05/2015 | Dinas Kominfo
16/04/2015 | Dinas Kominfo
06/02/2013 | Dinas Kominfo